Lalang Galang

Tuesday 1 December 2015

Tugas & Formulir Housekeeping Deparment





    Housekeeping berasal dari kata house yang bearti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang bearti merawat atau memelihara. Jadi housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.
            Housekeeping departemen, bagi sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.
            Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu  maka housekeeping harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.

Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi area :
  1.   Ruang tamu (guest room)
  2.   Gang ( corridor)
  3.   Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)
  4.   Ruang kantor ( office )
  5.   Locker karyawan ( employee Locker)
  6.   Toilet karyawan ( Toilet locker )
  7.   Toilet tamu ( guest toilet )
  8.   Taman di dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)
  9.    Kolam renang ( swimmingpool), dan
  10.   Halaman parkir ( parking area

Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
  1.  Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2.  Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
  3.  Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
  4.  Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.


B. Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah :
1.   Bersih
Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2.   Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
3.   Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
4.   Aman
Faktor penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.

Formulir yang Digunakan pada Housekeeping
  1. Roomboy Control Sheet
  2. Room Report
  3. Housekeeping Report
  4. Lost and Damages Report
  5. Repair and Maintenant Report
  6. Linen Inventory Report
  7. Cleaning and Guest Supplies Report
  8. Lost and Found Report
  9. Log Book
  10. Linen Laundry Delivery Slip
  11. Room Check List
  12. Lost and Found Book
  13. Mini Bar Daily Sales Report
  14. Mini Bar Daily Late Charge Report
  15. Mini Bar Bill.



No comments:

Post a Comment